HALOSERPONG.COM, Serpong – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan dicanangkan sebagai Kota Sepeda oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel bersama Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Tangsel.

Rencananya, pencanangan tersebut akan dilakukan di kawasan Tandon Ciater, Serpong, Sabtu (16/12) mendatang, dan akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Pariwisata (Menpar) Arif Yahya, dan pengurus ISSI Pusat serta seluruh komunitas sepeda di Tangsel.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dilaksanakan bersamaan dengan acara pengukuhan pengurus ISSI Tangsel periode 2018/2022.

Demikian diungkapkan Ketua ISSI Kota Tangsel, H. Dudung E. Dirdja saat memberikan keterangan persnya tentang rencana kegiatan ‘Tangsel Bike Fest 2017’, di Tandon Ciater, Serpong. Kamis (14/12).

“Kita patut mengapresiasi karena pemerintah kota sudah mengagendakan program tersebut. Dan mudah-mudahan pencanangan Tangsel sebagai Kota Sepeda ini akan menjadi yang pertama di Indonesia,” ungkap Dudung.

Sebab menurutnya, di beberapa kota besar di Indonesia hanya ada julukan kota sebagai ramah bersepeda dan hari bersepeda.

“Sepengetahuan saya, belum ada kota atau kabupaten di Indonesia yang dicanangkan sebagai Kota Sepeda. Dan mudah-mudahan baru kota Tangsel yang melakukan hal tersebut,” harap Dudung yang merilis hastag #tangselkotasepeda sebagai simbol dukungan.

Dalam kesempatan tersebut Mantan Sekertaris Daerah Kota Tangsel ini juga menegaskan bahwa bicara sepeda di Tangsel harus berjalan pada dua hal. Yaitu prestasi atlet dan pariwisata.

 

Sementara wakil ketua ISSI, Iwan Giwangkara mengatakan, bicara tentang sepeda, Kota Tangsel memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan.

Setiap akhir pekan, kata Iwan, masyarakat dari Jakarta, Bekasi dan Bogor, berbondong -bondong datang ke Tangsel untuk bersepeda MTB sambil menikmati wisata kota bersepeda.

“Tangsel itu gudangnya wisata sepeda. Jalur Pipa Gas (JPG) misalnya, yang sudah menjadi Ikon Nasional. Trus di kawasan Bintaro, ada Bintaro Loop yang menjadi arena favorit roadbike. Dan ada 40 lebih komunitas sepeda dari berbagai genre tumplek di Tangsel,”kata Iwan.

Maka, Iwan melanjutkan, sudah sepantasnya kota Tangsel menjadi Kota Bersepeda, karna begitu banyaknya sarana dan prasarana yang bisa dinikmati pesepeda.

Selain itu, mayoritas masyarakat di Tangsel telah menjadikan kegiatan bersepeda bagian dari gaya hidup.(asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here