HALOSERPONG.COM – Facebook berencana menghapus unggahan di Facebook berisi doa yang meminta pembacanya memberikan komentar “amin”, membagikan, dan menekan tombol “like”. Uniknya, unggahan seperti di atas kerap kali muncul di News Feed banyak pengguna.

Hal itu karena algoritma Facebook dipermainkan oleh pembuat unggahan, seiring dengan tingginya interaksi banyak terhadap unggahan, baik melalui jumlah “like”, banyaknya komentar, maupun dibagikan berkali-kali.

Kendati demikian, perusahaan memastikan unggahan yang benar-benar ditujukan untuk membantu orang lain seperti donasi tidak termasuk sebagai unggahan yang akan dihapus oleh Facebook.

Dalam situs The Verge disebutkan, jejaring sosial karya Mark Zuckerberg cs ini telah meninjau dan mengategorikan ratusan ribu unggahan dan mengajarkan pada teknologi machine learning yang digunakannya untuk mendeteksi beragam tipe unggahan yang memancing pengguna memberi “like”, komentar, atau dibagikan.

Facebook akan mengimplementasikan metode ketat untuk menghapus Pages yang terus-terusan menyebarkan unggahan pengemis “like”.

“Kami akan terus mencari cara mengurangi unggahan yang meminta pengguna untuk memberi tanda ‘like’, komentar, dan ‘share’,” kata Facebook dalam pernyataannya.

Dengan menerapkan langkah ini, Facebook ingin mengurangi penyebaran konten yang bersifat spam, sensasional, dan menyesatkan. Tujuannya untuk menghadirkan percakapan yang autentik.

Facebook menyebut, saat ini unggahan yang memancing orang untuk memberikan tanda “like” dan komentar sudah berkurang jumlahnya seiring penerapan metode ini. (lip6/vrg/asn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here