HALOSERPONG.COM – Setelah masa libur panjang sudah selesai, masalah baru kembali muncul. Perasaan liburan yang menyenangkan itu sulit dihilangkan, sehingga semangat untuk kembali bekerja pun turun. Mungkin banyak dari anda yang juga merasakan hal ini setelah liburan.

Ini adalah masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama. Jadi, lakukanlah 6 tips berikut ini agar kamu kembali semangat bekerja setelah liburan. Seperti yang dilansir dari Inc.SoutheaseAsia.

  1. Tidak langsung bekerja

Setiap orang butuh waktu untuk kembali ke rutinitas sehari-hari. Cobalah ambil waktu “liburan” setelah liburan panjang, misalnya satu atau dua hari. Gunakan hari tersebut untuk rileks dan memulihkan diri sebelum kembali bekerja.

Fokuslah untuk memberikan pikiran waktu beradaptasi kembali ke rutinitas agar tidak merasa stres. Sebab jika stres itu datang, kamu akan cenderung merasa mudah lelah ketika bekerja.

  1. Tidak terburu-buru dalam bekerja

Baik sehari sebelum kembali bekerja atau pagi ketika akan pergi kerja, cobalah meluangkan waktu untuk merencanakan harimu.

Buatlah daftar kegiatan tentang segala hal yang harus kamu lakukan dan prioritaskan serta apa saja yang harus diselesaikan.

Jika kamu melakukannya di pagi hari sebelum pergi kerja, pastikan kamu menyisihkan waktu untuk sendirian bersama dengan pikiran-pikiranmu.

  1. Membawa cenderamata dari tempat berlibur

Cenderamata adalah barang personal yang bisa mengingatkanmu bahwa meninggalkan rutinitas sementara bukanlah sebuah masalah dan mengingatkanmu untuk menikmati hidup.

Profesor Psikologi dari University of California, Riverside Sonja Lyubomirsky melalui bukunya “Mitos-Mitos Kebahagiaan” menjelaskan, menenangkan diri lewat memori perjalanan akan membuat kita mendapatkan kesenangan yang luar biasa.

  1. Berinteraksi dengan orang lain

Beberapa rekan mungkin akan mendekati dan menanyakan soal liburanmu kemarin. Tak masalah untuk mengobrol dengan mereka.

Memberikan detail tentang liburanmu bisa membuat orang lain senang dan tertawa. Kamu tidak perlu menahan diri karena takut dipandang sebagai seseorang yang sombong.

Jika kamu takut dengan apa yang orang lain pikirkan, mulailah bertanya pada mereka tentang rencana liburan mereka berikutnya atau liburan mereka kemarin yang membuat mereka merasa tenang.

  1. Bekerja dengan perspektif baru

Mungkin kamu sempat merasa frustasi dengan pekerjaan yang ada sebelum liburan karena  tidak berhasil menyelesaikannya.

Setelah berlibur beberapa saat, kamu mungkin bisa memandang pekerjaan tersebut dengan perspektif baru yang berbeda.

Sebab, terkadang kita hanya butuh waktu untuk pergi sejenak sebelum mengerjakan sesuatu.

  1. Atur waktu istirahat di sela kerja

Bekerja sepanjang hari tanpa istirahat akan membuat kita bosan. Jangan biarkan rasa bersalah menghantuimu karena kamu telah meninggalkan pekerjaan saat berlibur.

Ketika kamu berlibur, karyawan-karyawan yang bekerja denganmu juga pergi berlibur. Jadi, mereka tidak akan mengharapkanmu kembali bekerja keras hanya dalam satu hari.

Perlakukan dirimu dengan baik dan ingatlah bahwa kamu layak mendapatkan liburan serta waktu untuk beradaptasi kembali dari liburan.

 

Ediitor

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here