HALOSERPONG.COM, Jakarta – Seleksi disain produk dan konsep industi kecil menengah melalui program (Indonesia Good Design Selection (IGDS) kembali digelar.

Di tahun ke 17 ini, IGDS mengangkat Tema & Tagline Indonesia’s Good Product (Produk Keren Indonesia).

IGDS 2020 merupakan penghargaan tertinggi untuk desain produk industri terbaik yang diberikan Pemerintah, dalam hal ini oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA), Kementrian Perindustrian, desainer produk industri dan perusahaan industri.

Dengan tujuan antara lain mendorong partisipasi desainer dan perusahaan industri untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas desain produk industri dan mengembangkan produk terbaik melalui peningkatan kualitas desain, kebaruan, dan inovasi serta berkarakter Indonesia.

Untuk tahun ini IGDS memberikan apresiasi kepada dua ( 2 ) jenis karya, yaitu IGDS Design Product, yaitu penghargaan yang diberikan atas desain produk indutri berkualitas baik yang telah dan masih diproduksi / dipasarkan.

Serta, IGDS Design Concept, yaitu penghargaan yang diberikan atas konsep desain produk industri berkualitas baik dalam bentuk prototype atau sampel produk.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih saat peluncuran IGDS secara virtual, mengatakan bahwa penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk industri yang memiliki potensi pasar ekspor sehingga bisa meningkatkan citra positif terhadap produk Indonesia di kancah global.

“ Untuk jenis penghargaan, sama seperti tahun lalu, IGDS 2020 juga akan menghadirkan lima jenis penghargaan, yaitu Good Design, Best 20 yang diberikan kepada 20 produk terbaik, People’s Choice diberikan kepada satu produk yang dipilih langsung oleh masyarakat umum, Penghargaan Best 3 yang dierikan kepada tiga produk terbaik, dan Penghargaan Grand Award sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada satu produk terbaik,” ujar Gati seperti dikutip dari asrinesia.com.

Dalam IGDS 2020, Desain dari 10 kelompok produk akan ikut serta berkompetisi, yaitu kelompok furniture dan perabot rumah, kantor dan public, kemudian produk industri kriya (craft), serta alas kaki dan apparel, aksesoris, fesyen dan perhiasan.

Pemenang IGDS 2020 akan mendapatkan piagam, trofi, hak penggunaan logo IGDS dan sejumlah uang, pembinaan. Pendaftaran ajang ini dimulai tanggal 22 Juli sampai 30 September 2020 melalui website. (asn/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here